Tiga Pertimbangan dalam Memilih Cat Rumah Anda

Cat adalah salah satu komponen terpenting dalam pembangunan sebuah rumah. Bisa dibayangkan jika interior dan eksterior rumah tanpa menggunakan cat, maka sebagus apa pun rumah yang dibangun, tentu tidak akan menarik.

Namun Anda jangan sembarang memilih cat tembok bagi rumah Anda, karena jika cat yang Anda pilih tak berkualitas tentu akan membuat rumah yang Anda bangun tak cantik lagi. Padahal, salah satu fungsi cat adalah dapat mempercantik rumah lewat warna-warna yang ditampilkan. Bahkan kalau kurang paham, cat juga bisa berbahaya bagi kesehatan si pemilik rumah.

Supaya jangan terjebak, kala membeli cat, ada baiknya, Anda memperhatikan beberapa persyaratan agar sebuah produk cat dapat dianggap berkualitas.

Pertama-tama, cat haruslah ramah terhadap lingkungan. Isu utama yang sedang digaungkan di dunia saat ini adalah perlunya pemilihan produk cat tembok yang ramah lingkungan. Artinya, cat yang Anda beli tidak boleh mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3) seperti merkuri (Hg) atau timbal (Pb).

World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia bahkan telah melarang penggunan kedua zat tersebut di dalam cat karena paparan dua zat kimia itu dapat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat menyebabkan penyakit gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, kanker, alzheimer, gangguan saraf, hingga penyakit jantung.

Salah satu cara untuk melihat tingginya kandungan B3 tadi, Anda bisa mencium apakah bau cat yang Anda beli sangat menyengat atau tidak. Sebab cat yang mengandung B3 tinggi, biasanya baunya tak akan mudah hilang meski lapisan cat sudah mengering.

Hal kedua yang perlu dipastikan adalah cat tersebut harus punya daya tutup yang baik. Ada kalanya, beberapa cat yang dijual di pasaran tidak punya daya tutup baik terhadap rongga-rongga di permukaan tembok. Sehingga terkadang malah bisa menimbulkan retakan seperti rambut ketika kita mengecat tembok. Padahal cat yang berkualitas adalah cat yang dapat memberikan perlindungan lebih baik terhadap perubahan cuaca, baik panas mau pun hujan. Pastinya warnanya akan bertahan lama.

Ketiga, pastikan tipe cat yang Anda pilih sesuai. Ada beberapa tipe cat yang perlu Anda ketahui, karena masing-masing tipe punya fungsi yang khusus. Misalkan, tipe ‘Weathercoat’, berarti cat tembok ini cocok untuk digunakan untuk eksterior. Cat ini dapat memberikan perlindungan dan keindahan warna yang tahan terhadap perubahan cuaca. Tipe ‘Emulsion’ dan ‘Emulsion VIP’ merupakan cat tembok interior yang mampu menutup permukaan dengan sempurna dan memberikan sentuhan warna-warna cemerlang.  Ada pula ‘Elastic Wall Coating’ yaitu cat berbahan dasar emulsi khusus untuk menutup retak rambut pada dinding eksterior, anti jamur dan lumut, serta debu dan kotoran tidak mudah melekat.

Setelah memperhatian hal-hal di atas, maka kini Anda sudah dapat memilih cat-cat mana saja yang Anda butuhkan untuk memperindah rumah Anda. Atau kalau memang Anda ragu, tak ada salahnya Anda bertanya pada ahlinya, yakni penjual cat atau tukang yang Anda pakai. Dengan demikian, Anda tidak akan melakukan pemborosan dengan membeli cat yang bukan menjadi kebutuhan Anda.

LEAVE A COMMENT