baja ringan bisa karatan - bestseller.superbangunjaya.com

Baja Ringan Bisa Karatan, Ini Cara Instalasi yang Benar!

Baja ringan memang sudah banyak diminati para pembangun rumah. Karena selain harganya lebih murah dari kayu, baja ringan lebih mudah diinstalasi atau dipasang pada sebuah bangunan. Baja ringan juga lebih tahan lama dan memiliki lapisan anti karat. Lapisan tersebut terbuat dari campuran aluminium yang dapat mencegah terjadinya korosi. 

Namun masih banyak pertanyaan yang muncul di antaranya apakah baja ringan bisa karatan? Jawabannya ya. Bisa! Sebab baja ringan memiliki sebuah lapisan anti karat yang bisa terkelupas.

Tetap saja, seiring usia pemakaian dan cuaca, lapisan baja ringan dapat terkelupas atau terbuka sehingga menyebabkan karat timbul di badan baja ringan itu sendiri. Karena itulah meski dibilang anti karat, baja ringan tetap bisa karatan.

Lalu bagaimana cara instalasi yang benar agar mencegah karatan pada baja ringan? Berikut kami rangkum tipsnya!

Baja Ringan Bisa Karatan, Ini Cara Instalasi yang Benar!

Cara agar Baja Ringan terhindar dari karat

Pertama, hindari baja ringan dari larutan asam. Larutan asam yang dimaksud adalah seperti produk pembersih rumah tangga seperti untuk membersihkan keramik. Sebab sifat asam yang terkandung pada cairan ini dapat merontokkan lapisan atau coating baja ringan. Sehingga lapisan anti karat dapat dengan mudah terkelupas hingga pada akhirnya menyebabkan karat.

Kedua, hindari dari resiko tergores pada saat pemasangan. Pada saat memasang baja ringan, sebenarnya ada banyak potensi baja ringan mengalami gesekan atau goresan. Padahal goresan ini bisa saja mengupas lapisan anti karat pada baja ringan. 

Ketiga, jauhkan dari bahan semen. Sebab air semen yang menempel pada permukaan baja ringan dapat menimbulkan reaksi kimia yang mampu merontokkan lapisan anti karat. Karena itu pada saat konstruksi pembangunan dilakukan sebisa mungkin jauhkan baja ringan dari bahan-bahan adonan semen.

Keempat, hindari dari hujan pada saat membangun. Memang menghindarkan baja ringan dari kondisi cuaca tidaklah mudah. Namun larutan asam organik seperti pada air hujan juga dapat mempercepat proses karat pada baja ringan. Karena itu usahakan hindari proses membangun pada musim hujan.

Jika sebagian cara tersebut adalah hal-hal yang harus dihindari, SBJ juga merangkum cara-cara tambahan agar baja ringan yang Anda gunakan bisa awet lebih lama. 

Baja Ringan Bisa Karatan - bestseller.superbangunjaya.com
sumber: google.com

Pertama, lapisi dengan cat. Kondisi baja ringan yang tidak mudah dihindarkan dari berbagai kondisi di atas masih bisa diakali dengan memberi lapisan lebih pada baja ringan. Yakni dengan melapisinya dengan cat. Cat baja ringan anti karat akan sangat berguna memproteksi lapisan anti gores dari larutan asam seperti hujan dan bekas baja ringan yang salah potong.

Kedua, lapisi dengan oli atau minyak. Cara ini adalah cara alternatif bila Anda tidak terlalu memperhatikan estetika pada bangunan atau rumah. Dengan melapisi baja ringan dengan oli atau minyak akan membuat baja ringan tahan lama dan mencegah berkarat.

Ketiga, beli baja ringan dengan kualitas yang baik. Memang tidak mudah menentukannya, namun setidaknya belilah baja ringan yang sudah bersertifikat SNI. Saat ini ada berbagai merk baja ringan anti karat. Baja ringan yang berkualitas baik pasti lebih tahan pada suhu tinggi, awet, dan tidak mudah kusam. Untuk mendapatkan baja ringan yang baik ini, Anda dapat langsung menghubungi Super Bangun Jaya.

Super Bangun Jaya menyediakan berbagai kebutuhan bangunan dan renovasi rumah. Dari bahan dasar sampai finishing lengkap! Dari konsultasi hingga transaksi online, bisa. Sebagai informasi tambahan, jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya gak ketinggalan info promo dan kejutan lainnya ya. Ayo jangan ragu hubungi Super Bangun Jaya sekarang dengan chat via whatsapp!

LEAVE A COMMENT