kemiringan atap spandek

Ingin Pakai Spandek Sebagai Atap Rumah? Ini Kemiringan Minimal Atap Spandek

Kemiringan minimal atap spandek – Rumah yang nyaman dan asri adalah idaman semua orang. Sebab kini rumah tak hanya sekadar sebagai tempat berteduh saja, namun juga menjadi tempat untuk relaksasi keluarga. Kalau rumahnya asri dan nyaman, pastilah penghuninya betah di rumah.

Salah satu faktor yang membuat rumah menjadi nyaman adalah bagian atap. Karena sebagai penutup bangunan, selain kokoh, atap juga haruslah mampu berfungsi melindungi si pemilik rumah dari sengatan panas matahari ataupun derasnya hujan.

Oleh sebab itu, sebuah rumah yang ideal sebaiknya tidak mengalami kebocoran. Apabila rumah bocor karena atapnya yang bermasalah tentu si empunya rumah jadi kurang nyaman. Maka atap rumah haruslah dirancang secara ideal. Seperti bahan apa yang akan digunakan (genting tanah, genteng beton, asbes atau bahkan spandek) harus dipertimbangkan dengan matang. Salah memilih bahan untuk atap, jelas Anda akan menyesal di kemudian hari.

Kemiringan Minimal Atap Spandek di Indonesia

contoh rumah atap spandek

Apalagi Indonesia beriklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi pada musim penghujan dan panas berlebih ketika musim panas datang. Belum lagi, di beberapa daerah tak jarang bisa diterpa oleh angin kencang yang datang tiba-tiba. Jadi kalau atapnya tak kokoh, otomatis peluang kerusakan juga akan besar.

Jika dahulu orang cenderung menggunakan genting tanah, genteng beton atau asbes, kini orang mulai beralih ke spandek sebagai bahan bagi atap rumahnya. Bagi yang belum mengenal atap spandek, penjelasannya kurang lebih sebagai berikut.

Spandek adalah atap modern yang dibuat dari campuran alumunium, seng, dan silikon atau biasa disebut dengan zincalume. Adapun komposisi bahan dasar dari spandek biasanya 55% alumunium, 43% seng dan sisanya adalah bahan silicon.

Secara umum, ketebalan rata-rata atap spandek sekitar 0,3 mm hingga 0,5 mm. Kalau dibandingkan dengan genting atau asbes, memang spandek tergolong cukup tipis, namun demikian bukan berarti atap jenis ini rapuh dan mudah hancur. Justru atap spandek cenderung kokoh dan kuat karena terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas berkualitas. Atap spandek juga anti pecah, anti retak serta tahan terhadap serangan rayap atau serangga lainnya.

Kelebihan Spandek kata Bang Jaya

Kelebihan Atap Spandek

Kelebihan lain dari spandek adalah atap jenis ini mudah dicat ulang dengan kombinasi warna sesuai yang diinginkan, walaupun biasanya pabrikan sudah memberikan warna pada produknya.

Tak heran kalau kemudian spandek sedang “naik daun” dan orang banyak menggunakan elemen ini sebagai bahan utama pada atap hunian modern. Apalagi secara pemasangan, spandek juga cukup praktis.

Meski atap spandek terlihat seperti material atap idaman, bukan berarti spandek ini tak memiliki kekurangan sama sekali. Salah satunya, atap spandek memiliki daya serap cahaya matahari yang sangat tinggi sehingga, ruangan yang ditutupinya akan cenderung lebih panas dibandingkan jika menggunakan jenis atap lain.

Hal ini karena bahan spandek memang merupakan konduktor panas yang baik.

Selain menyerap panas, atap spandek yang tipis juga cenderung membuat suara-suara yang kurang nyaman bagi penghuninya di kala hujan datang. Tapi biasanya karena faktor kepraktisan dan daya tahan yang tinggi, membuat banyak orang tetap ingin menggunakannya.

Berapa Kemiringan yang ideal?

Lalu berapa sih kemiringan ideal atap spandek untuk hunian? Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai kemiringan atap sebuah hunian. Semua sangat tergantung pada si pemilik rumah itu.

Di Eropa atau negara yang mempunyai empat musim, biasanya orang sengaja membuat atap rumahnya dengan kemiringan tajam, bahkan sampai 40 persen. Hal ini dimaksudkan agar ketika salju datang, salju tersebut akan langsung jatuh ke tanah dan tidak tertampung di atas atap.

Bagaimana dengan di Indonesia? Dahulu, di Indonesia juga cenderung mengikuti gaya bangunan di Eropa sana, mungkin karena pengaruh Belanda di tanah air. Namun belakangan, gaya bangunan di Indonesia mulai mengalami perubahan sehingga kemiringan atapnya tak sampai 40 derajat lagi. Paling-paling hanya 20 – 30 derajat saja.

Tapi para arsitek biasanya akan menyarankan kemiringan atap sebuah rumah di angka 22 – 30 derajat. Selain faktor membuat air hujan cepat turun dari atap rumah, tentu faktor estetika juga jadi pertimbangannya.

Itu kalau kita bicara soal atap rumah biasa, bagaimana dengan atap rumah yang menggunakan spandek. Sebenarnya soal kemiringan minimal atap spandek bisa juga samakan dengan atap rumah biasa, hanya saja pada spandek kemiringannya bisa lebih bebas yakni minimal 5 dan maksimal hingga 60 derajat.

Saran Terbaik Kemiringan Spandek

Namun disarankan untuk tetap menggunakan batas kemiringan yang standar saja. Sebab jika Anda menggunakan kemiringan 5 derajat, dikhawatirkan setelah beberapa tahun, spandek akan mulai rusak sehingga nanti air akan menggenang dan akhirnya merembes masuk ke dalam plafon rumah Anda.

Atap spandek yang terlalu datar akan menyebabkan aliran air juga turun lebih lambat sehingga punya kecenderungan menggenang dan akhirnya merusak spandek Anda dan lama-lama akan membuat kebocoran atau tampias. Jadi mungkin memang dengan kemiringan di atas 10 derajat akan terasa jauh lebih efektif.

Beli Spandek Dimana?

Pertanyaan ini sehingga muncul bagi orang yang awam terhadap bangunan. Anda sebenarnya bisa memesan bahan spandek dan berikut ongkos pengerjaannya via online. Saat ini ada banyak sekali yang menawarkan jasa pemasangan spandek secara borongan. Namun tentu biayanya juga relatif tinggi.

Maka alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli bahan-bahannya saja dan untuk pemasangannya, Anda bisa membayar secara harian sehingga bisa lebih hemat dibandingkan Anda menggunakan jasa borongan.

Kalau Anda takut dibohongi soal kualitas, Anda bisa lihat-lihat website kami di superbangunjaya.com atau bisa konsultasi dulu atau bisa langsung pesan melalui WA kami, klik Tanya-tanya via Whatsapp. Maka barang akan dikirim langsung ke tempat Anda.

Bagaimana dengan harganya, apakah bisa bersaing? Dengan membeli material di Toko Bangunan Super Bangun Jaya, Anda nggak akan dicurangi. Karena sejak puluhan tahun lalu sudah dipercaya oleh para kontraktor maupun pelanggannya. Pasti kami berikan #JaminanGaCurang! Lihat Harga Produk Terbaru atau langsung Whatsapp Super Bangun Jaya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan spandek untuk atap rumah Anda. Jangan sungkan bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami.

LEAVE A COMMENT