tukang renovasi rumah saat corona - bestseller.superbangunjaya.com

Saat Isolasi dari Virus Corona, Apakah Tukang masih Bisa Mengerjakan Renovasi Rumah?

Tukang Renovasi Rumah – Di China, pekerja pembangun rumah sakit berhasil menyelesaikan proyek rumah sakit dalam hitungan jam. Dan hasilnya mereka banyak mendapat apresiasi dari mata dunia. Dalam situasi ini, ahli dan tukang bangunan memang sangat dibutuhkan. Mereka rela melakukan pekerjaan ini supaya para pasien pandemi dapat dirawat secepatnya. 

Namun apa yang terjadi jika situasi pandemi semakin menuntut Anda mengisolasi mandiri sedangkan Anda sedang dalam proses membangun rumah? Apakah pekerjaan akan aman dari resiko tertular satu sama lain? Bagaimana jika proyek yang sedang berjalan harus ditinggal padahal sedang ada renovasi pembongkaran dapur dan atap loteng? Untuk menjawab semuanya, ini yang perlu Anda perhatikan ketika membangun dan merenovasi rumah.

Seberapa penting proyek yang tersisa?

renovasi rumah saat corona - bestseller.superbangunjaya.com

Membangun rumah saat krisis Corona juga merupakan masalah besar. Sejauh ini, pemerintah belum membuat definisi tentang pekerjaan pembangunan secara eksplisit. Pembatasan dilakukan dalam sektor-sektor tertentu untuk mencegah penularan yang lebih masif. Namun ada baiknya kita mengacu pada Peraturan Pemerintah terkait pembatasan sosial dalam pekerjaan bahwa hanya instansi tertentu yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor, impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya yang diperbolehkan untuk tetap berjalan.

Tentu saja dalam hal ini, pedoman jarak sosial harus ditaati untuk keselamatan semua orang. Pekerjaan apapun harus dilaksanakan dengan aman, baik antar manusia, maupun dengan material bahan bangunan yang sudah Anda persiapkan di rumah. Segala pekerjaan yang tersisa sebaiknya dipertimbangkan dengan sangat matang. Apakah bisa dikerjakan dengan aman, atau Anda harus menyimpan dulu material tersebut dengan aman.

Langkah awal ini bisa dianggap sebagai pekerjaan penting yang dapat dilakukan, sambil mengambil semua tindakan pencegahan yang memungkinkan sesuai dengan peraturan. 

Tetapkan aturan yang bisa dipraktekkan bersama

tukang renovasi rumah saat corona - bestseller.superbangunjaya.com

Praktek menjaga jarak sosial yang aman harus dilaksanakan. Anda dapat menerapkan hal-hal berikut:

  • Lokasi harus dibatasi dengan sesedikit mungkin pekerja. Semua yang terlibat harus mempraktekkan tindakan menjaga jarak sosial dan jarak fisik yang aman setiap saat (jarak dua meter antara satu sama lain).
  • Tersedia fasilitas pencegahan seperti disinfektan, masker, dan APD yang dianjurkan untuk tukang renovasi rumah Anda.
  • Jika kedua hal di atas tidak dapat dilakukan, maka semua pekerjaan di rumah Anda harus dihentikan sementara. Pekerjaan yang tersisa harus ditinjau apakah memungkinkan untuk dilanjutkan.
  • Siapa pun yang menunjukkan gejala COVID-19 tidak boleh berada di lokasi dan sesuai dengan pedoman pemerintah harus tetap di rumah selama 14 hari.

Melindungi proyek pembangunan rumah Anda

Jika tidak ada pilihan selain menutup proyek, praktek menjaga jarak sosial tetap harus dilaksanakan. Tim developer dan mandor memiliki tugas untuk memastikan semua proyek ditinggalkan dengan aman. Misalnya untuk pekerjaan yang wajib ditutup untuk mencegah masuknya air.

Atau jika keadaan terburuk terjadi, misal membiarkan proyek di bawah perlindungan yang bersifat sementara seperti papan dan terpal untuk menutupi dinding atau atap eksterior yang belum jadi, Anda harus membicarakan jaminan keamanan pada ahli bangunan yang Anda telah percaya. Karena jika proyek tersebut gagal karena cuaca, seluruh pekerjaan yang telah Anda habiskan akan menjadi sia-sia. 

Jaga hubungan baik dengan tukang pembangun rumah Anda

Selama periode shut-down, usahakan untuk tetap berhubungan jarak jauh dengan telepon, sehingga semua yang terlibat dapat selalu di-update tentang masalah yang terjadi dan bagaimana untuk melanjutkan jalanannya pekerjaan lanjutan. 

Usahakan untuk membayar faktur yang terutang. Sebab hal ini akan mempengaruhi arus kas tukang yang Anda percaya. Pembayaran ini juga akan memberi mereka kesejahteraan dalam keuangan yang baik, serta menumbuhkan kepercayaan sehingga mereka siap untuk menyelesaikan proyek ketika saatnya tiba.

Selalu serahkan pada yang profesional

tukang renovasi rumah saat corona - bestseller.superbangunjaya.com

Mungkin ada masanya Anda ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan rumah, boleh saja. Namun sebaiknya selain menyelesaikan hal-hal yang bisa dilakukan sendiri seperti melukis dan mendekorasi, jangan pernah mencoba melakukan pekerjaan besar apapun sendiri. Seperti perubahan struktural dan instalasi gas dan listrik yang seharusnya hanya dilakukan tukang yang profesional. Jika melakukannya sendiri, yang ditakutkan adalah proyek Anda tidak memenuhi bangunan yang ideal. 

Itulah 5 hal yang wajib Anda perhatikan pada tukang renovasi rumah ketika proyek masih berlangsung di masa isolasi dari virus corona. Siapapun dan dimanapun kita harus saling menjaga diri untuk tidak tertular dan menularkan virus ini. Tetap sehat dan aman di dalam rumah ya!

Jika Anda membutuhkan kebutuhan dasar bahan bangunan dan finishing Anda dapat menghubungi Super Bangun Jaya via whatsapp! SBJ sudah sejak 2017 dipercaya melayani pembelian online bahan bangunan. Sebagai informasi tambahan, jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya gak ketinggalan info promo dan kejutan lainnya! Semoga bermanfaat!

LEAVE A COMMENT